Just another WordPress.com site

Perkembangan dan Peranan Dunia IT untuk Pendidikan

j0288928 Dunia IT yang sudah banyak sekali berjasa untuk kemudahan dan kelengkapan kehidupan selama peradaban manusia ini, kini telah mulai banyak melirik Pendidikan. Seperti halnya Laptop, atau kita bisa menyebutnya Notebook/Netbook, Benda yang disebut PC kecil ini sangat membantu kehidupan manusia abad 20-an ini. Komputer saja sangat memudahkan pekerjaan manusia, dengan adanya pendidikan baik diajari ataupun pengalaman sendiri, terciptalah suatu benda pernama Notebook. Komputer sekarang ini juga sudah digunakan untuk Pendidikan seperti di sekolah.

Dahulu pernah ada program satu siswa/I satu Notebook. Program ini memiliki tujuan untuk membagikan Notebook Mini khusus untuk pelajar secara gratis, namun belum tersebar ke banyak wilayah dan Negara. Lainnya misalnya, Perusahaan Paman Bill Gates yaitu Microsoft Corporation mengeluarkan Produk Microsoft Office 2007 edisi Home & Student (Edisi dengan isi program untuk Kegiatan Belajar Mengajar saja, misalnya Office Word, Excel, Power Point, One Note) harganyapun tak semahal Enterprise yang biasanya, namun belakangan ini Microsoft mengeluarkan Promo Khusus untuk Dosen, Guru, Pelajar/Mahasiswa/I untuk mendapatkan Paket Microsoft Office 2007 Enterprise (Edisi Lengkap seluruh Program Office) dengan harga yang sangat miring! Yakni hanya Rp 500.000,00 saja! Dengan Tambahan Notebook Bag/ Tas Laptop Microsoft Office Gratis.
Hal lainnya selain PC/Komputer adalah, Dunia Robotik, Banyak sekalai Mahasiswa/I yang sudah menciptakan sebuah Robot lengkap dengan Pemrogramannya dan banyak pula perlombaannya. 

Contohnya mahasiswa/I ITB, pernah melombakan Hasil Karya Robot mereka dan mendapatkan prestasi yang mengagumkan. Dunia Robotik juga mulai mengincar pemasaran untuk anak-anak, pasalnya pada beberapa pameran di JCC telah sering diikutsertakan Penampilan dari Robotik untuk anak. Mereka menjualnya dalam bentuk-bentuk paket, seperti pemahaman Robotik untuk Anak-anak, dipaketkan dengan perangkat seperti puzzle robot, yakni anak diminta agar kreatif membuat bentuk-bentuk bangunan dan sebagainya.
Dunia IT untuk Pendidikan juga telah banyak didukung lewat mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Misalnya pada Materi Sekolah Menengah Pertama di Indonesia, sudah mengajarkan materi dari Perangkat Lunak pengolah Kata, pengolah Angka, Presentasi, Email, Milis, dan sebagainya. Murid-murid diajarkan agar dapat mengikuti perkembangan Teknologi yang diharapkan tidak ketinggalan zaman, bisa menguasai aplikasi perkantoran, sekaligus memanfaatkannya sebagai media pengenalan kepada Teknologi yang tidak akan pernah berhenti berkembang dengan pesatnya ini.
Dalam Dunia Pendidikan, pastilah diharapkan agar semua peserta didik mampu menguasai materi yang diberikan. Setelah itu, jika si peserta didik menguasainya dengan baik, maka ia dapat mendidik peserta didik lain agar dapat mengusai suatu materi juga. Seseorang yang dapat menguasai suatu materi yang telah diajarkannya, maka ia bisa menjadi kreatif dan lebih mau dan mampu berpikir untuk memanfaatkan kepintarannya tersebut. Jika ia bisa memanfaatkan kepintarannya tersebut, maka ia telah berhasil memasuki daerah persaingan ketat yang dapat menaikkannya ke materi yang lebih baru dan baik lagi. Jika ia menemukan materi baru lagi yang dapat diterima bagi orang lain, maka ia telah menciptakan suatu perkembangan dapat merubah dunia serta perubahan pada pendidikan yang dapat lebih baik lagi.
Selain memajukan pendidikan, setidaknya jika ia tidak dapat menaikkan dirinya ke materi yang lebih baru lagi, setidaknya ia sudah dapat ilmu yang bisa menghindari dirinya dari penipuan yang dapat ia hindari, serta materi tersebut juga dapat ia gunakan langsung ke segala lowongan yang bisa dimanfaatkannya walaupun belum dapat memajukan materi pendidikan yang lebih baru lagi selain untuk pengalaman juga. Itulah yang selama ni diharapkan segala kalangan agar Dunia pendidikan dapat dimajukan kembali. Dan jika Dunia ini telah banyak perkembangan pendidikan, maka semakin maraknya perkembangan teknologi yang ada, semisal mendapatkan Informasi.
Informasi sangat penting bagi manusia, dan karena terdapat Informasi di Teknologi, Informasipun sekarang dapat menebar luas untuk mendidik orang-orang baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Kecanggihan informasi dengan sengaja ataupun dengan tidak sengaja sudah dapat diterima kalangan orang baik yang disukai maupun yang tidak disukai. Oleh karena itulah, sekarang Informasi telah dimanfaatkan banyak untuk dua hal yang sangat berbeda, yaitu untuk memperbaiki, atau untuk menghancurkan. Ada yang mendidik dengan baik, ada pula mendidik yang tidak baik.
Diambil sisi Positif/baiknya, orang-orang baik memanfaatkannya untuk mendidik anak-anak agar lebih mengetahui Teknologi, dan dapat mengembangkannya dimasa depan atau malah dari sekarang ini. Namun, banyak orang yang tidak baik yang memanfaatkannya untuk menggunakannya sendiri ataupun membagikannya kepada orang lain sebagai pendidikan yang tidak baik. Misalnya, seseorang yang mendidik untuk menjadikan orang lain sebagai Cracker, Hacker Black Hat, melakukan kejahatan Phising, Carding, adapula menyebarkan informasi tidak benar atau membuka aib orang yang tidak ingin dibuka.
Dewasa ini, Perkembangan Dunia IT untuk Pendidikan sangat banyak dimanfaatkan untuk pendidikan Formal. Misalnya sekolah yang membuka kelas Internasional telah memperbolehkan anak didiknya membawa Laptop, Sekolah juga membuka Lab. Komputer, bahkan Lab. IPA juga sudah banyak yang memanfaatkan Teknologi Proyektor untuk melebarkan jendela Komputer agar bisa dilihat di papan tulis oleh murid-murid. Ada juga Lab. Bahasa yang memanfaatkan Teknologi Mikrofon dan Head Set untuk perlengkapan Percakapan 2 atau lebih bahasa.
Nah, karena Informasi yang sudah meluas bak laut tumpah inilah lewat teknologi banyak dimanfaatkan, terutama bagi Dunia Pendidikan. Dengan adanya Perkembangan Dunia IT untuk Pendidikan ini, maka masa depan akan lebih banyak lagi Teknologi yang mungkin sekarang dianggap mustahil akan dapat terwujud di depan mata telanjang kita yang sekarang masih buta akan hal yang belum terwujud tersebut.
Maju Perkembangan Dunia IT untuk pendidikan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s